Bagi anda yang belum mengganti domain mandiri, akan timbul beberapa pertanyaan, misalnya apa saja yang harus dilakukan saat proses custom domain? Saat anda mengganti domain maka ada kekurangan dan kelebihannya. Untuk itu ada tips mengembalikan trafik setelah custom domain setelah diganti agar bisa normal kembali dan bisa digunakan seperti biasanya.

7 Tips Mengembalikan Trafik Setelah Custom Domain Diubah

Sikap yang anda berikan pada blog inilah yang nantinya menentukan berkembang atau tidaknya suatu blog kedepannya. Karena jika tak melakukan suatu tindakan, sama halnya blog berdomain TLD ini jalan di tempat atau mundur kemudian terdepak dari persaingan SERP. Berikut tips mengembalikan trafik setelah custim domain diganti adalah:

  • Daftarkan ulang blog ke akun Webmaster

Baik itu Yahoo, Google maupun Bing berguna memberitahukan blog anda ke search engine kalau telah berganti domain. Jangan lupa memverifikasi kepimilikan untuk blog anda di sana. Pasang kembali meta tag Search Engine beri kepada anda. Submit ulang sitemap supaya semua posting serta halaman blog ditelusuri ulang ataupun diindex ulang. 

  • Kirimkan Url blog ke Search Engine

Dengan mengirimkan url untuk blog anda maka proses indeks dilakukan search engine pada blog menjadi lebih cepat. Tips mengembalikan trafik setelah custim domain ini sangat wajib untuk dilakukan, karena dengan submit url ke mesin pencari maka blog akan di crawl oleh bing engine atau spider google.

  • Manfaatkan ping blog

Ping blog berguna memanggil spider google supaya menelusuri setiap artikel pada blog anda. Layanan ini banyak tersebar di luar dan anda tinggal memilih yang akan digunakan. Misalnya Pingates.com,  Totalping.com. Lakukan ping berkala dan jangan berlebihan, seperti satu ataupun dua kali seminggu sudah cukup.

  • Lakukan verifikasi pada Alexa Rank

Untuk memverivikasi kepemilikan blog pada Alexa jika sudah memasang widget ini namun muncul tulisan “No Data” maka akan jadi semula. Bayangkan blog anda telah menjadi .com tetapi widget alexa yang dipasang alamatnya masih blogspot atau wordpress sampai kapanpun tetap menampilkan “No Data”.  

  • Lakukan blogging dan optimasi SEO

Kegiatan tersebut misalnya follow akun Google plus, komentar di blog tetangga supaya memperbaiki jumlah backlink, cari backlink berkulitas, submit ke blog sosial dan directory untuk memberitahukan blog anda. Tips mengembalikan trafik setelah custim domain selanjutnya adalah memperbaiki kualitas dan kuantitas SEO artikel anda. Hal tersebut dilakukan agar memperbaiki dan membangun pondasi blog yang hilang setelah berganti domain.

  • Promosikan blog anda lewat media sosial

Manfaat media sosial sekarang ini tidak diragukan lagi apalagi untuk optimasi blog atau web dengan domain baru. Anda bisa memberi tahu pada teman dan kerabat, mereka akan memberi feedback yang baik asalkan jangan spam.

  • Pemilik akun Google Adsense

Lakukanlah submit ulang untuk blog baru dibagian pengaturan dashboard Google Adsense, apabila iklan adsense menghilang. Tunggu sampai Google adsense dan team mereview ulang. Kemudian iklan adsense dapat bisa muncul kembali pada blog anda.

Jika melakukan cara di atas dengan bertahap, maka trafik pengunjung blog baru anda akan kembali seperti semula dalam waktu dekat. Tips mengembalikan trafik setelah custom domain anda jika ingin fokus pada blog yang anda kelola dan mengubah custom domain, sebaiknya setelah membuat blog. Sehingga optimasi SEO tidak terjadi dua kali.